banner 468x60
- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Total 1.238 Jama’ah Haji Banyuwangi, Ikuti Manasik Haji Akbar Tingkat Kabupaten

BANYUWANGI – Total 1.238 Jama’ah Haji Kabupaten Banyuwangi mengikuti Manasik Haji Akbar Tingkat Kabupaten, yang dilaksanakan di Lapangan Atletik GOR Tawang Alun Banyuwangi, pada Sabtu (18/05/2024) pagi.

Seluruh Jama’ah Haji mengikuti praktik haji dengan dipandu oleh masing-masing tim Kloter, yang dibagi dalam kloter SUB-57, SUB-58, SUB-59 dan SUB-60, dengan menggunakan Haji Tamatuk yaitu melaksanakan Ibadah umrah terlebih baru kemudian Menunaikan Ibadah Haji.

banner 336x280

Kegiatan dimulai dengan melakukan Senam Haji yang dipandu oleh Tim Kesehatan Haji Kloter (TKHK) dan serentak diikuti oleh seluruh Jama’ah Haji yang hadir, sedangkan untuk Jama’ah Haji Lansia tidak diwajibkan mengikuti senam dan diperbolehkan untuk duduk. Hal ini dikarenakan mengingat usia, karena nanti pada saat pelaksanaan ibadah haji, beberapa Ritual Haji bagi Lansia bisa di wakilkan atau di badalkan.

Selain itu, khusus untuk Jama’ah Haji Lansia pada saat Thawaf dan Sai bisa menggunakan kursi roda yang di dorong oleh petugas khusus (jasa dorong) yang diberi izin oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Hj.Ipuk Fiestiandani, saat membuka kegiatan Manasik Haji Akbar Tingkat Kabupaten menyampaikan pesan kepada seluruh Jama’ah Haji Banyuwangi untuk menata Niat dan yakin bahwa doa kita terutama para Jama’ah Haji akan diijabah.

“Mohon kepada para Jama’ah Haji senantiasa mendoakan Kabupaten Banyuwangi agar aman dan makmur,” kata Bupati Ipuk.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Dr Chaironi Hidayat mengatakan, untuk kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten yang kedua ini, akan langsung praktik.

Chaironi juga menjelaskan, bahwa pada sehari sebelumnya ada Jama’ah Haji asal Kecamatan Tegalsari bernama Ponisah meninggal dunia.

“Semoga Jama’ah Haji Banyuwangi berangkat dengan selamat dan pulang lengkap,” kata Chaironi.

Ketua Kloter SUB-58, Syafaat, mengungkapkan bahwa dengan praktik Manasik Haji tingkat kabupaten ini yang pelaksanaannya berbasis kloter, menggambarkan perjalanan haji yang sesungguhnya.

“Dalam pelaksanaan perjalanan Ibadah Haji nantinya juga seperti ini, yakni dikelompokkan berdasarkan masing-masing kloter,” jelas Syafaat, dihadapan beberapa awak media. (*)

banner 336x280
Berbagi untuk Rakyat Palestina Klik Gambar dibawah iniPalestina
Pewarta:Humas
Sumber Berita:Humas
- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Berita Terbaru

Berita Nasional

[td_block_big_grid_fl_3]

Berita Banyuwangi

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme