- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Promotor Keselematan Berlalu Lintas, Polresta Banyuwangi Bagikan Ratusan Helm Pada Siswa SD

BANYUWANGI – Polresta Banyuwangi membagikan helm kepada ratusan siswa sekolah dasar di wilayah setempat. Helm dibagikan di dua tempat diantaranya di SDN 1 Mojopanggung dan SDN 4 Penganjuran, Selasa (19/3/2024).

Pembagian helm ini menjadi bagian dari program “Resta BWI Peduli”. Fokusnya adalah upaya menekan angka kematian akibat kecelakaan yang menimpa anak-anak.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono mengatakan hampir 90 persen orang tua lalai memberikan helm kepada anaknya saat mengantar ke sekolah. Hal itu jelas membahayakan keselamatan anak dan perlu diedukasi.

Sebab berdasarkan data Satlantas Polresta Banyuwangi angka kecelakaan yang melibatkan anak di Bumi Blambangan terbilang tinggi.

Terhitung sejak Januari 2023 hingga Februari 2024 terdapat ratusan anak yang terlibat dalam insiden kecelakaan. Sebanyak 13 anak meninggal dunia, 1 luka berat dan 213 luka ringan.

“Pembagian helm ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan keselamatan anak-anak di jalan raya. Banyak kematian anak karena kecelakaan disebabkan karena tidak memakai helm,” kata Nanang kepada wartawan.

Kebanyakan orang tua siswa berdalih tak memakaikan helm sebab jarak rumah dengan sekolah dekat. Kapolresta menegaskan bahwa alasan itu tak bisa dibenarkan.

“Jauh ataupun dekat harus tetap mematuhi aturan berlalu lintas, ini demi keselamatan,” terangnya.

Selain membagikan helm, lanjut orang nomor satu di Polresta Banyuwangi hal tersebut guna memberikan edukasi kepada orang tua siswa. Imbauannya yakni untuk selalu taat aturan berlalu lintas dan mengedepankan keselamatan.

Para siswa diajarkan tentang cara menyeberang jalan yang benar, cara menggunakan helm yang aman, dan rambu-rambu lalu lintas.

Kapolresta berharap melalui upaya promotif ini kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara semakin meningkat.

“Kami juga mengimbau kepada para orang tua agar selalu memastikan anak-anaknya menggunakan helm saat diantar ke sekolah,” imbuhnya.

Kegiatan ini disambut positif oleh para siswa dan orang tua. Mereka berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan agar keselamatan anak-anak di jalan raya semakin terjamin.(*)

Berbagi untuk Rakyat Palestina Klik Gambar dibawah iniPalestina
Pewarta:Humas
Sumber Berita:Humas
- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Berita Terbaru

Berita Nasional

Berita Banyuwangi

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme