- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Pantauan Tim Kemenhub, Terminal Hingga Bandara Banyuwangi Siap Sambut Libur Nataru

BANYUWANGI – Jelang libur natal dan tahun baru (Nataru) tim Kementerian Perhubungan melakukan pemantauan di Kabupaten Banyuwangi. Hasilnya, tempat pemberhentian transportasi publik dinilai siap menyambut kedatangan penumpang baik yang akan berlibur di Banyuwangi maupun menyeberang ke Pulau Bali.

Hal itu disampaikan oleh Inspektur 4 Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Sahattua P. Simatupang saat melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi, pada 21 Desember 2023 lalu. Dia mengatakan pihaknya ke Banyuwangi untuk melakukan pemantauan kesiapan sejumlah pusat pemberhentian transportasi publik.

Sejumlah lokasi yang menjadi titik pantau antara lain Terminal Bus, Stasiun Kereta Api, Bandara Banyuwangi dan Pelabuhan Ketapang.

“Kami telah mendatangi semua lokasi tersebut, dari hasil pantauan kami semuanya sudah siap menyambut penumpang,”ujarnya.

Penilaian tersebut, didasarkan pada kesiapan SDM yang menunjukkan sikap dan pengetahuan yang baik. Wawasan tentang sejumlah aspek dalam menyambut kedatangan penumpang khususnya di masa nataru sangat memuaskan.

“Menurut kami, sepanjang saya melakukan pemantauan di seluruh Indonesia, SDM di Banyuwangi punya wawasan yang baik. Mereka bisa memberikan gambaran jumlah penumpang yang akan datang termasuk potensi kemacetan/kepadatan yang akan terjadi. Mereka sudah terbiasa menghadapi wisatawan yang datang selama ini,” urai Sahattua.

Sementara terkait fasilitas infrastruktur moda transportasi, ia menilai untuk saat ini semuanya sudah memadai.

“Kita berharap agar semua penumpang moda transportasi lancar dan selamat,” imbuhnya.

Secara terpisah, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengungkapkan Pemkab Banyuwangi telah menyiapkan sejumlah langkah persiapan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang moda transportasi jelang nataru. Di antaranya bersama-sama dengan Polresta Banyuwangi melakukan operasi penertiban Kawasan Tertib Lalu Lintas.

“Kami juga telah meminta Dinas Perhubungan untuk memastikan semua kendaraan di terminal bus laik jalan, mengecek kondisi fasilitas keselamatan jalan seperti rambu, warning light dan traffic light,” urai Ipuk.

“Juga berkoordinasi dengan KAI untuk memastikan keamanan setiap perlintasan kereta api dan memasang banner-banner peringatan di perlintasan sebidang. Kami juga memastikan keamanan dan kenyamanan bagi semua penumpang di bandara dan pelabuhan bersama-sama dengan pihak terkait,”imbuh Ipuk. (*)

Berbagi untuk Rakyat Palestina Klik Gambar dibawah iniPalestina
Pewarta:Humas
Sumber Berita:Humas
- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Berita Terbaru

Berita Nasional

Berita Banyuwangi

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme