- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Sambut HAB ke-78, Kemenag Banyuwangi Bersama Baznas Berikan Sentuhan Kebaikan Melalui Bakti Sosial

BANYUWANGI – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama RI, panitia HAB Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi bekerjasama dengan Basnaz menggelar kegiatan Bakti Sosial, bertempat di Aula bawah Kemenag, pada Kamis (07-12-2023).

Bakti Sosial yang dilaksanakan oleh panitia HAB ini menyasar para Duafa untuk Fakir Miskin dan Anak Stanting, yang dirangkai dengan Santunan Anak Yatim. Kegiatan yang sama digelar Serentak pada setiap Madrasah dan KUA, total ada 34 Mustahik yang terdiri 30 orang Fakir Miskin dan 4 anak Stunting.

Sedangkan untuk pemberian santunan kepada anak yatim diberikan kepada 5 siswa MAN 1 Banyuwangi, sebagai wujud perhatian terhadap kebutuhan siswa di tingkat pendidikan menengah.

Santunan kepada anak yatim, juga diberikan kepada 5 siswa MTsN 1 Banyuwangi dan 5 siswa MIN 1 Banyuwangi, sebagai bentuk dukungan dan perhatian terhadap siswa di tingkat pendidikan menengah pertama.

Chaironi Hidayat Kepala Kemenag Banyuwangi dalam sambutannya mengatakan, santunan itu artinya berbagi. Para penerima santunan betul-betul menjadi bagian keluarga besar Kemenag. Dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada panitia HAB Kemenag, ASN, PPPK, yang telah melaksnakan kegiatan Baksos ini.

“Terimakasih kepada Basnaz Banyuwangi yang terus bersinergi dengan Kemenag, sehingga kegiatan Bakti Sosial ini berjalan lancar sesuai dengan rencana”, ujarnya.

Sebelumnya, Komisioner Basnaz Banyuwangi H. Herman Suyitno menyampaikan, bahwa saat ini Basnaz Banyuwangi sudah menambah Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap Kecamatan. Dengan UPZ yang sudah terbentuk di masing-masing kecamatan itu, pihaknya sudah bisa mengumpulkan Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS) dengan total 4 Milyar setahun.

“Dana itu digunakan untuk program bantuan modal kerja, program Banyuwangi peduli (bedah rumah), Banyuwangi Cerdas, beasiswa dari jenjang dasar hingga perguruan tinggi. Selain itu, program Banyuwangi Sehat, dan Banyuwangi Taqwa”, terang Herman.

Acara ini menjadi momentum untuk mempererat hubungan antara Kemenag dan masyarakat, serta sebagai wujud nyata dari semangat kepedulian sosial dalam menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-78.

Selain kegiatan bakti sosial, selanjutnya akan dilaksanakan pemberian bantuan berupa 10 unit sepeda gunung kepada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), guna untuk meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas pendidikan.

Juga akan ditambah dengan pemberian bantuan berupa 19 paket bantuan modal usaha untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bagi Kantin Madrasah. (*)

Berbagi untuk Rakyat Palestina Klik Gambar dibawah iniPalestina
Pewarta:Humas
Sumber Berita:Humas
- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Berita Terbaru

Berita Nasional

Berita Banyuwangi

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme